Author's Note

My Mixtape for You

my-mixtape-for-you-1.jpg

I used to make mixtape for you. Mixtape yang berisi lagu-lagu kesukaanku, yang aku sangat ingin kau mendengarnya. Jujur saja, aku terinspirasi membuat mixtape setelah membaca buku dan menonton film The Perks of Being Wallflower.

I want you to listen to my favorite songs. Aku sangat menyukai lirik lagu-lagu tersebut. Kebanyakan liriknya menggambarkan perasaanku kepadamu. Perasaan yang tak pernah bisa aku sampaikan dengan kata-kata.

Instead told you the truth, I made you a mixtape. Sebuah mixtape yang tak akan pernah kau dengarkan, karena pada akhirnya tak pernah kuberikan padamu.

Side A

6. Flightless Bird – Iron and Wine

Aku suka lagu ini setelah menonton film Twilight. Aku tidak tahu apa yang dimaksud Flightless Bird oleh si penyanyi. Tetapi aku menangkap makna bahwa saat kita mencintai seseorang, kita seperti burung bersayap sebelah. Tidak lengkap, tidak bisa terbang. Aku sangat ingin lagu ini menjadi lagu pengiring di hari pernikahanku, sama seperti pernikahan Bella dan Edward.

5. Drowning – Backstreet Boys

Aku memutar lagu ini berkali-kali. Lagu yang paling kusukai dari boyband kesayanganku. Lagu tentang seseorang yang tenggelam karena cinta.

4. Meninggalkan Cerita Ini – The Rain

Satu-satunya lagu Indonesia di mixtape ini. The Rain adalah grup band favoritku. Aku menyukai lagu-lagu mereka. Lagu ini, lagu yang sangaaaaattt mirip dengan apa yang aku rasakan kepadamu. Benar-benar mirip, sampai-sampai aku curiga si pembuat lagu mengalami hal serupa denganku.

3. The Distance – Evan and Jaron

Aku suka lagu yang dinyanyikan si kembar ini. Suara mereka enak didengar di telinga. Liriknya bercerita tentang seseorang yang rela menempuh jarak jauh demi membuktikan cinta pada orang yang disayanginya.

2. I Knew I Loved You – Savage Garden

Ini lagu yang paling mengingatkanku dengan sekolah kita. Aku juga tidak tahu kenapa begitu. Setiap kali mendengarnya, aku teringat dengan suasana hujan yang syahdu di kota Kuningan. Aku sangat suka dengan setiap kata di lagu ini. Aku berharap bertemu dengan seseorang yang dapat membuatku berkata, “I knew I loved you before I met you.”

1. You – Switchfoot

Pertama kali aku mendengar lagu ini di film A Walk to Remember, saat Landon Carter mengetahui Jamie Sullivan ternyata mengidap leukemia. Aku amat menyukai film itu dan lagu-lagu pengiringnya, terutama lagu ini. Liriknya begitu indah.

my-mixtape-for-you-2.jpg

Side B

12. Take Back Yesterday – Christian Ingebrigtsen

Aku yakin, kamu tidak mengenal penyanyinya. Well, Christian adalah salah anggota boyband A1 yang juga kusukai. What? Boyband lagi? Iya, aku memang pecinta boyband jadul, hehehe. Dan ini adalah lagu solo Christian yang menampilkan suara merdunya yang enak banget didengarkan berulang-ulang.

11. The Best I’ve Ever Had – Vertical Horizon

Lirik lagu ini hampir mirip dengan perasaan yang kurasakan padamu. Bedanya, you’re the best I never had.

10. When the Stars Go Blue – The Corrs ft. Bono U2

Ketika sedih, aku senang mendengar lagu ini. Liriknya membuatku berharap aku dapat melayang bersama bintang-bintang saat aku sedih.

9. Eternal Flame – Human Nature

Ini lagu lama. Tetapi aku paling suka versi yang dicover Human Nature. Suara vokalisnya benar-benar menunjukkan makna lagu ini. Lirik lagunya menyadarkanku bahwa I’m a hopeless romantic.

8. Out of My League – Stephen Speaks

Lagu yang sampai kini menjadi ringtone di handphone-ku. Aku suka dengan liriknya. Aku suka dengan musiknya. Aku suka dengan suara penyanyinya. Apa lagi yang harus kukatakan?

7. Vanilla Twilight – Owl City

Lagu ini memiliki kenangan tersendiri bagiku. Suatu sore aku pernah melihat apa yang disebut Owl City sebagai vanilla twilight. Sapuan indah berwarna merah muda, kuning muda, ungu muda, dan biru di langit senja. Aku pernah berharap dapat melihat vanilla twilight lagi bersamamu. Namun, kini harapan itu sudah pupus.

Bonus Track: All of the Stars and Photograph – Ed Sheeran

Selain 12 lagu tadi, aku juga memberikan dua buah lagu ini. Dua-duanya dinyanyikan oleh Ed Sheeran. Mendengarkan All of the Stars selalu mengingatkanku pada kisah cinta Hazel dan Augustus. Lalu aku juga teringat kamu yang berada nun jauh di sana.

Itulah 14 lagu yang aku ingin kau dengarkan. Tetapi aku tidak pernah memberikannya padamu. Aku lebih dulu menyerah. Karena aku tahu kau tidak pernah memiliki perasaan yang sama denganku. Sekarang, perasaan itu telah lama hilang. Tetapi aku tetap berharap dan berdoa semoga kau selalu baik-baik saja bersama orang yang kausayangi dan menyayangimu.

 

Me
Someone who used to like you too much it hurts.

3 thoughts on “My Mixtape for You”

Leave a comment