Author's Note

September Nggak Baca

Ada yang berbeda dengan bulan September ini dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Mengatakannya nggak baca mungkin kurang tepat, karena sebetulnya saya masih melakukan aktivitas membaca buku. Namun, tidak ada buku yang saya tamatkan bulan ini.

Kenapa?

Yah, saya juga nggak tahu ( ̄‐ ̄)んー

Awal September, saya memutuskan untuk uninstall Ipusnas dan Instagram (lagi) dengan harapan saya bisa fokus membaca buku fisik yang sudah ada di rumah.

Semenjak install Ipusnas di tahun 2020, saya memang makin banyak membaca buku meski nggak memilikinya. Tapi sebenarnya, ada lebih banyak buku yang nggak selesai saya baca di Ipusnas.

Saya kalau lagi buka Ipusnas dan cari-cari buku itu bisa lamaaa banget. Dari satu buku ke buku lain karena lihat rekomendasi buku sejenis di bagian bawah. Saya juga hampir selalu memakai kesempatan pinjam maksimal di satu hari.

Dan karena masa pinjam sebuah buku cuma lima hari, sedangkan saya sering meminjam dua sampai lima buku dalam satu hari, jadilah banyak buku yang belum tamat dibaca, tetapi saya terlalu malas untuk pinjam lagi (karena sudah tergoda ingin pinjam buku yang lain).

Jadilah saya merasa hubungan saya dengan Ipusnas mulai nggak sehat dan memutuskan rehat sejenak dari aplikasi tersebut.

Awalnya, saya optimis bisa membabat sedikit timbunan. Saya mengambil kembali buku yang sudah pernah saya baca tapi belum selesai dan bulan ini akan sampai di halaman terakhir.

Kenyataannya, saya malah melakukan hal lain, yaitu:

1. Baca sampel buku di Google Play Book. Hampir sama kayak di Ipusnas, kalau saya sudah di dua aplikasi ini, sudah seperti going down to rabbit hole. Terus aja nggak berhenti ngeklik buku yang lain yang muncul di rekomendasi buku sejenis. Dan bukannya mencoret daftar TBR, saya malah menambah panjang wishlist. (´~`)

2. Seperti yang sudah saya publish di post sebelumnya, saya malah asyik otak-atik koleksi foto Unsplash di aplikasi Graphionica.

3. Saya juga jadi nonton video-video di Facebook dan Youtube. Video Youtube sudah saya ceritakan di post sebelum ini. Sedangkan video di Facebook, saya sering melihat postingannya Smile Squad, Laura Clery, dan Lilly Singh. Kapan-kapan saya ceritakan deh tentang video-video di Facebook ini.

4. Menonton ulang video-video Taylor Swift. Dari yang Old Taylor, Fairytale Cottagecore Taylor sampai Taylor Version. Saya perhatikan kembali lirik-liriknya. Saya juga membaca beberapa artikel tentang Swift. I’m sooo inspired by her. Rasanya ingin bikin postingan tersendiri tentang si Miss Americana. Mudah-mudahan nanti beneran jadi ya.

5. Blogwalking. Walaupun nggak seintensif dulu alias ya pas lagi bosen aja dengan kewajiban sehari-hari atau ingin variasi hiburan lain selain empat yang sudah saya sebutkan di atas.

Begitulah. Beberapa hari lagi Oktober tiba. Tiga bulan lagi, 2022 juga akan tiba. Mengingat kepusingan, kelelahan, dan kejenuhan yang saya rasakan saat ini, saya memutuskan untuk….

Selow aeee…. ᕕ( ՞ ᗜ ՞ )ᕗ

Saya mengizinkan diri saya untuk tidak memaksakan diri menyelesaikan satu bacaan. Atau dalam arti yang lebih luas, saya membiarkan diri saya melakukan hal lain sesuka hati saya, terlepas dari kewajiban saya sehari-hari.

Kewajiban sehari-hari tetap dilaksanakan, tetapi saat ada waktu senggang, ya terserah sajalah. Sesuai minat dan keinginan saat itu. Yang penting nggak stress dan cepet darting 👌

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s