5 Manfaat Menulis Jurnal Harian

Assalamualaikum, apa kabar?

Saya pernah iseng-iseng saya membuka kembali jurnal lama saya. Jurnal harian yang saya tulis saat masih kuliah dulu.

Ternyata melihat masa lalu itu lucu sekali, ya. Melihat diri kita yang dulu dari sudut pandang yang baru. Di jurnal itu saya menyimpan target, harapan, dan mimpi-mimpi saya. Ternyata dari dulu saya memang berbakat dalam membuat target yang tak tercapai. Banyak hal yang saya ingin kerjakan, tetapi berujung disilang (x) yang berarti tidak terlaksana.

Lucu juga melihat harapan-harapan saya pada masa itu. Saya sempat merasa minder untuk bercita-cita menjadi seorang editor. Ternyata cita-cita itu kesampaian juga. Alhamdulillah.

Saya juga membaca kutipan-kutipan yang saya tulis ulang di jurnal tersebut. Saya biasa menulis ulang kutipan bagus dan inspiratif yang saya temukan di buku, film, internet, atau di mana saja. Membaca lagi kutipan-kutipan tersebut, saya sperti mendapat suntikan semangat baru.

Banyak manfaat yang saya dapat selama bertahun-tahun rutin menulis jurnal harian (walaupun samembuat kita teraturmpai sekarang belum berhasil bikin jurnal yang tampak aesthetic dan artsy, hahaha). Beberapa di antaranya adalah:

1. Menulis jurnal harian membantu kita melepaskan isi hati dan mengurai pikiran-pikiran yang semrawut di kepala.

Saya termasuk orang yang membedakan fungsi jurnal harian dan diary. Jika di dalam diary, isinya murni curhat panjang lebar seperti sedang mengobrol dengan teman, di jurnal harian saya menulis keinginan, target, dan harapan saya, serta gambaran suasana hati secara singkat. Dengan menuliskan segala hal yang berseliweran di kepala saya, membantu saya menyortir mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bukan.

2. Menulis jurnal harian membuat kita teratur dan terorganisasi.

Apa yang ingin kita capai, apa yang sudah dikerjakan, apa yang belum, semua tercatat di jurnal harian. Kita jadi bisa mengevaluasi diri sendiri. Sudah sejauh mana kita melangkah menuju cita-cita yang kita dambakan.

3. Menulis jurnal harian bisa merangsang kreativitas kita.

Apalagi yang rajin menghias jurnal harian dengan berbargai warna dan gambar. Bagi tim yang standar-standar saja seperti saya, halaman jurnal tampak rapi saja sudah lumayan banget. Apalagi jika bisa menjadikan jurnal sebagai ajang latihan menggambar, pasti makin keren.

4. Menulis jurnal membuat kita semakin mengenal diri kita sendiri.

Saat membuka-buka halaman jurnal lama saya seperti kembali diingatkan, oh ternyata saya pernah seperti itu, pernah menginginkan hal itu, dan lain sebagainya. Saya jadi tahu, saya ingin ke mana, saya sudah sampai di mana, dan hendak melakukan apa untuk mencapai hal yang saya inginkan.

Terkadang, di tengah perjalanan tujuan saya berubah atau cara saya menempuh tujuan tersebut berubah. Dari jurnal itulah saya tahu mengapa saya melakukan hal ini, mengapa saya melakukan hal itu, yang nantinya akan menjadi bagian dari evaluasi dan introspeksi untuk diri sendiri.

5. Menulis jurnal membuat kita lebih semangat, lebih termotivasi, dan menjadi pribadi yang banyak bersyukur.

Dengan menuliskan keinginan dan rencana kita, kita jadi selalu ingat dan semakin terpacu untuk mewujudkannya. Dan saat kita menoleh ke halaman-halaman sebelumnya, melihat impian-impian kita yang terwujud, kita bersyukur kepada Allah yang telah mengizinkan dan memudahkan kita meraih keinginan tersebut.

Bagi yang belum memiliki jurnal, mumpung masih awal-awal tahun, yuk, kita mulai menulis jurnal.

Bagi yang sudah, apa saja pengalaman berkesan kalian selama mengisi halaman jurnal? Apa hal yang paling menyenangkan dari kegiatan journaling? Ayo, share di sini 🙂

*picture from Unsplash.com, edited by me.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s