Ramadhan Kali Ini

Ramadhan

Assalamualaikum, apa kabar semua?

Tidak terasa, ya, tahu-tahu sudah seminggu menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Apa kabar target-target saya selama Ramadhan?

Uggh… rasanya jauh sekali dari target-target yang dicapai, terutama di bagian ‘Trying to live more healthy’. Niat hati di bulan Ramadhan ini ingin berbuka tanpa gorengan, tetapi di hari pertama sudah makan bakwan jagung dan risol. Begitu juga di hari kedua, makan tahu isi, risol, cakwe, dan kerupuk mie. (idih, ini makannya banyak banget, ya? Tapi tenang, setiap varian cuma nyobain satu buah, wakaka). Terus hari ketiga makan risol, bakwan, dan tahu isi. Hari keempat, mencoba untuk menyetop gorengan dan menggantinya dengan makan kurma. Hari kelima makan risol lagi. Hari keenam coba berhenti lagi dan menggantinya dengan makan siomay. Hari ketujuh alias hari ini, belum tahu mau makan apa, hehehe.

Kenapa, ya, susah banget berbuka tanpa gorengan?

1. Gorengan ada di mana-mana

Yup, bener banget. Bahkan sepanjang jalan pulang saya dari kantor ke rumah, entah sudah berapa puluh tukang jualan gorengan berjejer. Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini, tukang gorengan dadakan makin menjamur.

2. Gorengan murah meriah

Ini juga jadi salah satu alasan yang tidak bisa dipungkiri, sih. Rata-rata harga gorengan sekarang seribu rupiah per pieces. Ada juga yang menjual 1500 satu buah atau 2000 dapat tiga potong (tapi yang ini udah jarang banget). Lumayan banget, kan, buat orang yang ngirit seperti saya? Ehe ehe ehe. Selain beli gorengan, dengan uang yang ada, kita bisa beli makanan yang lain.

3. Gorengan berbagai macam bentuknya

Kalau nggak suka tempe, bisa pilih tahu. Kalau nggak suka risol, bisa pilih bakwan. Kalau nggak suka singkong, bisa pilih cireng. Intinya, dalam sekali beli, kita bisa menikmati berbagai macam makanan. Biasanya penjual gorengan minimal menjual tiga macam gorengan. Ada juga yang super lengkap sampai ada lontong segala. Kalau yang super lengkap ini, belinya lebih leluasa lagi karena banyak pilihan.

Dari tiga alasan itu saja, sudah kebayang kan betapa beratnya perjuangan berbuka tanpa gorengan di negeri yang amat sangat mencintai gorengan? Tetapi saya nggak putus asa, kok. Pokoknya sebisa mungkin, kurangi jajan gorengan. Kalaupun belum bisa sebulan penuh, paling tidak, lebih banyak hari tanpa gorengan ketimbang yang pakai gorengan.

Selain target No Gorengan, sepertinya sih sudah cukup tercapai. Supaya kebutuhan gizi tetap tercukupi selama Ramadhan, saya menargetkan setiap hari harus makan sayuran hijau, entah itu di saat berbuka atau sahur. Lebih baik lagi di keduanya. Alhamdulillah, sampai hari ini masih terus berjalan. Selain sayuran hijau, saya juga mengonsumsi buah dan kurma. Ini juga untuk menyiasati supaya sistem pencernaan lancar dan nggak sulit BAB.

Bagi saya, Ramadhan kali ini terasa agak berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Dulu, setiap mau berbuka itu saya selalu lapar mata. Rasanya semua makanan ingin dilahap. Padahal saat sudah ada di hadapan, nggak semuanya saya makan. Sekarang, rasa-rasanya sih sudah bisa menahan hawa nafsu, yah, hehehe…. Nggak lapar mata lagi, berbuka seadanya, yang penting ada makanan bergizi yang dimakan. Jangan sampai makan banyak, tapi nggak bergizi semua.

Untuk target ibadah yaumiyah, masih berusaha juga supaya sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun ada hari di mana saya merasa capek banget atau males banget, tetapi saya berusaha nggak berlama-lama di perasaan itu. Dan nggak langsung merasa gagal karena telah ada satu hari yang nggak sesuai target. Soalnya, kalau sudah seperti itu, pasti saya malah lebih males lagi di hari-hari selanjutnya.

Jujur, dari dalam hati ini sering berharap, seandainya semangat Ramadhan selalu ada di 11 bulan lainnya. Mudah-mudahan Ramadhan kali ini, harapan itu tercapai. Dan semoga Ramadhan membawa banyak kebaikan dalam hidup kita.

Selamat berpuasa dan beramal shalih bagi yang menjalankan. Semoga amal ibadah kita diterima Allah Ta’ala. Amiin….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s