3 Kebiasaan Sehat yang Mudah Dilakukan Setiap Hari

water-1545518_960_720

pixabay.com

Saya bukan trainer kesehatan, bukan pelaku hidup sehat garis keras, masih suka jajan sana-sini, malas olahraga, and bla bla bla…. Tapi, kayaknya seru juga berbagi kebiasaan sehat yang mudaaaaah banget dilaksanakan setiap hari.

1. Minum segelas air putih (atau lebih) setiap bangun tidur dan mau tidur

See, nggak susah, kan? Saya lupa sejak kapan saya memulai kebiasaan ini. Yang jelas, sampai hari ini, kalau belum minum sebelum tidur dan habis bangun tidur, rasanya nggak afdhal begitu. Berasa hidup ada yang kurang.

Terus, apa khasiatnya? Kalau saya, sih, murni minum air putih sebelum dan sesudah bangun tidur supaya tenggorokan nggak kering dan seret. Eh, ternyata banyak manfaat dari minum air putih, seperti detoksifikasi, mencegah dehidrasi, membakar kalori, dan menyegarkan tubuh. Memang terasa banget manfaat minum air putih setelah bangun tidur. Pasti habis itu perut mules dan buru-buru ingin ke kamar mandi.

2. Mengonsumsi buah dan/atau sayur setiap hari

Semenjak bekerja, saya mulai memperhatikan makanan yang saya konsumsi. Entah mungkin sudah sadar umur atau gimana, yang jelas makanan yang dikonsumsi lebih terjaga ketimbang saat saya masih kuliah. Nah, salah satunya adalah dengan memastikan setiap hari ada buah dan/atau sayur yang dimakan. Nggak mesti buah dan sayur dalam satu hari. Yang penting setiap hari itu nggak absen dari makan buah/sayur.

Ini juga nggak susah, karena meskipun kita malas masak, banyak rumah makan atau tukang buah di pinggiran jalan. Jadi, tinggal beli aja, kan. Walaupun mungkin lebih sehat jika kita memasak sayurnya sendiri. Bahkan, kalau saya sedang malas masak, saya hanya merebus /mengukus sayur-mayur yang ada di kulkas.

Akan lebih baik, kalau setiap makan ada sayur/buah. Tapi, kalaupun memang dari tiga kali makan dalam sehari, kita hanya mengonsumsi sekali/satu jenis sayur/buah, ya nggak apa-apa. Daripada enggak sama sekali.

Nah, salah satu cara mudah biar nggak lupa mengonsumsi sayur/buah setiap hari adalah dengan menyetoknya di dalam kulkas. Jadi, pasti inget terus untuk makan sayur/buah.

3. Membatasi makanan yang mengandung MSG, Pengawet, dan Pemanis Buatan

Ini sebenarnya agak sulit, sih, hehehe. Tapi kalau mau berusaha pasti bisa, kok. Semua mungkin sudah tahu bahaya bahan-bahan buatan dalam makanan yang kita konsumsi. Namun, untuk menghindarinya seratus persen pasti berat banget. Iya, kan?

Salah satu cara yang cukup mudah dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut. Seperti membatasi makan mie instan, maksimal sekali seminggu. Minum-minuman bersoda maksimal dua minggu sekali, makanan kalengan atau yang dibekukan maksimal sebulan dua kali. Nanti, perlahan-lahan bisa dilanjutkan sampai ke tahap tidak sama sekali. (Walaupun saya belum sampai tahap itu, sih, hehehe)

Bagaimana cara membatasinya? Kalau saya menyetoknya di awal bulan. Saat belanja bulanan, beli makanan tersebut dengan jumlah yang sudah disesuaikan. Setelah itu, apa pun yang terjadi, nggak boleh beli lagi. Jadi, nggak ada tuh ceritanya mampir-mampir ke mini market untuk beli makanan-makanan tadi.

Saya melakukan cara seperti itu karena biasanya godaan datang saat kita tidak memiliki makanan apa pun di rumah. Bawaannya selalu ingin beli ini-itu. Dan kalau kita nggak menyetok, bisa-bisa seminggu sekali kita membelinya. Itu lebih parah daripada membeli sebulan sekali.

Bonus tips ke-4: Olahraga minimal seminggu sekali

Jenis olahraga yang dilakukan nggak perlu ribet, misalnya lari pagi. Yang penting konsisten aja. Masalahnya, saya sendiri belum konsisten dengan yang satu ini, hehehe. Saya tulis supaya ingat terus.

Sebenarnya sih salah satu cara supaya konsisten itu yaa dipaksain. Biarpun malas, jalanan becek, ngantuk, banyak cucian, pokoknya apa pun itu, paksain aja. Durasi lari paling nggak lama-lama banget, satu jam aja udah cukup, kok.

Nah, itu beberapa kebiasaan sehat yang berusaha saya lakukan setiap hari. Mudah-mudahan bisa konsisten ya melakukannya.

Kalau kamu, apa kebiasaan sehat yang kamu lakukan setiap hari?

*Posting ini untuk blogging challenge – 3 healthy tips*

Advertisements

3 thoughts on “3 Kebiasaan Sehat yang Mudah Dilakukan Setiap Hari

  1. Kalau kakakku biasanya yang pagi air putih hangat pake perasan jeruk lemon (lemonnya tukang sayur juga gapapa). Terus sebagai orang yang punya sakit maag aku coba, dikira bakal sakit, taunya enak Tih. Kalau mi instan susah sih siapa yang tahan bau kuah indomi ayam bawang atau indomi goreng huhuuu

    Liked by 1 person

    • Iya, ditambah perasaan air lemon bagus juga. cuma kalau aku kadang suka nggak sempet meres-meresnya. Bangun tidur langsung minum air putih (soalnya keburu haus). Mungkin bagusnya bikin air perasan lemon dari semalam, tapi kadang suka lupa (dan males juga, sih) hehehe…

      Iyalah, mi instan mah udah terlalu melekat di hati, dan jadi makanan yang paling cepet dikonsumsi kalau lagi kepepet, hehehe….

      Like

  2. Pingback: Ramadhan Kali Ini – Rumah Cerita Ratih Cahaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s