Merindu Dataran Tinggi Dieng

Pada Januari empat tahun lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Dataran Tinggi Dieng bersama teman-teman kampus saya. Kami berada di Dieng selama dua hari satu malam, menginap di rumah saudara teman yang tinggal di sana. Saya lupa di daerah mana tepatnya rumah saudara teman saya itu. Pokoknya di daerah Wonosbo (ya, iyalah!)

Kami berangkat dari Depok sekitar pukul 5 sore. Tiba di Wonosobo sebelum Shubuh (sekitar pukul setengah 3 kalau nggak salah ingat, karena yang saya ingat adalah saya sempat tidur sambil menanti Shubuh, hehehe).

Setelah sarapan, kami memulai perjalanan menuju Danau Telaga Warna. Karena saat itu bulan Januari, perjalanan kami sering dihiasi dengan mendung dan hujan rintik-rintik.

Kami lalu melanjutkan perjalanan ke Dieng Plateau Theater tempat kami menonton video tentang sejarah Dieng dan kekayaan alamnya.

Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan danau, kami melanjutkan perjalanan ke Candi Dieng.

Karena nggak ada pemandu wisata atau orang yang paham dengan candi-candi, kami di sana lebih sibuk foto-foto. Terus dilanjut dengan makan siang.

Setelah itu kami berkunjung ke danau lagi. Apa yah namanya, saya lupa. Hehehe…
Setelah puas jalan-jalan, kami kembali pulang. Malamnya, kami ramah-tamah dengan keluarga teman yang memberi kami penginapan.

Hari kedua, kami pergi pagi-pagi sekali. Habis Shubuh langsung jalan demi melihat matahari terbit di gardu pandang. Rasanya menyenangkan sekaligus menyejukkan menikmati suasana pegunungan sebelum matahari muncul. Gelap, dingin, berangin, sepi.

Setelah matahari terbit, kami melanjutkan petualangan kami ke kebun teh.

Sebelum sibuk berlari-lari di antara semak-semak teh, kami mengunjungi pabrik teh untuk melihat proses pembuatan teh.

Setelah itu, bermain-main di Alun-Alun Wonosobo. Acara bermain-mainnya cukup lama, karena di sana kami mengadakan games dan kumpul-kumpul.

Lalu pulang ke tempat menginap, makan siang sekaligus ramah tamah, dan akhirnya bersiap untuk kembali ke Depok.

Sungguh 48 jam yang berlalu dengan begitu cepat dan menyenangkan. Rasanya belum puas dua hari di Dieng. Saya sendiri masih ingin menikmati dinginnya udara Dieng yang menggigit kulit.

Perjalanan ke Dieng ini merupakan salah satu perjalanan favorit saya. Mengingat saya bukan tipe orang yang suka pergi beramai-ramai, perjalanan ini adalah pengecualian. Mungkin karena saya pergi bersama teman-teman yang sudah lama saya kenal, dan sehari-hari di kampus saya berinteraksi dengan mereka. Jadi, perjalanan jauh seperti itu pun terasa nyaman bagi saya.

Dieng sendiri merupakan tempat yang sudah lama saya idamkan dikunjungi. Namun, keinginan itu sempat terlupa, hingga tiba-tiba menjelang akhir tahun 2012, teman saya mengusulkan untuk pergi ke Dieng. Rasanya nggak menyangka, akhirnya bisa menapak di Dataran Tinggi Dieng.

Kadang-kadang, saya merindukan perjalanan saya ke Dieng bersama teman-teman. Betapa saya ingin kembali ke sana lagi. Meskipun pasti tidaklah sama perjalanan pertama dan kedua.

Omong-omong, saat itu kami pergi ke Dieng bukan pada musim liburan. Jadi, puas banget rasanya pergi ke mana-mana, enggak banyak wisatawan lain.

Kadang, ketika saya merasa sedih, saya mengingat kembali perjalanan ke Dieng waktu itu. Kenangan itu, sedikit banyak menyemangati saya, bahwa apa pun yang terjadi, saya memiliki sesuatu yang indah, sebuah perjalanan yang begitu menyenangkan, yang tak akan terganti dengan apa pun. Dan pasti, saya akan memiliki banyak perjalanan yang indah dan menyenangkan seperti perjalanan ke Dieng yang sering saya rindukan.

*Posting ini untuk blogging challenge – Best Trip*
** Mohon maaf fotonya kebanyakan muka kami-kami yang doyan narsis dan bukan pemandangan Dieng. Ada yang bisa menebak saya yang mana? Hehehe 😉 **