Program Decluttering dan 4 Rencana Lainnya di Februari

Tiga puluh satu hari berlalu di tahun 2017, dan sekarang sudah memasuki bulan Februari. Mumpung awal bulan, saya mau sharing tentang rencana di bulan Februari.

1. Program Decluttering

Awal mula terpikir tentang program decluttering ini karena melihat barang-barang yang mulai menumpuk di kamar yang satunya lagi. Perasaan baru aja pindah, tapi kayaknya rumah mulai kelihatan penuh dan berantakan. Ditambah lagi dengan kondisi rumah yang dari sananya sudah mungil.

Terus pas lagi asik blogwalking, saya menemukan postingan tentang beberes rumah ala Marie Kondo atau biasa disebut KonMarie method. Sebenarnya saya sudah nggak terlalu asing dengan istilah KonMarie method, karena beberapa blogger buku pernah mereview buku Marie Kondo yang berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up”. Di buku tersebut, Marie Kondo menjelaskan perihal beres-beres yang tidak biasa dan seharusnya dilakukan orang-orang (saya menangkapnya begitu).

978-1-60774-730-7

tidyingup.com

KonMarie method ini membuat saya teringat dengan rumah saya yang mulai penuh dengan barang-barang yang saya sendiri nggak tahu beresinnya gimana. Saya pun tertarik untuk mulai beres-beres seperti Marie Kondo. Sayangnya, saya belum baca bukunya. Alhasil saya mampir ke postingan ini, ini, dan ini, untuk melihat seperti apa sih beres-beres ala KonMarie.

Dari postingan tersebut, saya mendapat sedikit gambaran dan berencana untuk memulai program decluttering sendiri. Harapannya bulan Februari ini, barang-barang saya sudah tertata dengan rapi dan saya hanya menyimpan barang yang memang saya butuhkan. Saya juga berencana untuk membaca buku Marie Kondo dan berbagi pengalaman saya menerapkan KonMarie Method di blog ini. Mudah-mudahan terlaksana, ya.

2. Buka Puasa

Buka puasa? Yup, bulan Februari ini saya berniat untuk berbuka dari puasa Twitter dan puasa Facebook, hehehe. Saya belum tahu tepatnya kapan, tapi saya nggak berpikir untuk menonaktifkan dua medsos tersebut untuk selama-lamanya.

Seperti yang sudah kita tahu, media sosial membawa banyak hal kepada kita, bisa menguntungkan bisa merugikan. Memang saat ini saya cukup nyaman tanpa kehadiran dua medsos tersebut. Tapi saya ingin mencoba melatih diri saya untuk lebih bijak dan lebih baik lagi dalam menyaring informasi. Dan latihan itu tidak akan seru kalau saya nggak punya medsos, kan? Hehehe… lagian saya juga kangen dengan resep-resep yang ada di Facebook.

3. Target Baca

Kalau ini sih pasti ada di setiap bulan, ya. Bulan ini saya nggak merencanakan membaca novel. Saya sedang ‘haus’ dengan tulisan-tulisan nonfiksi yang saya pikir berhubungan dengan kehidupan saya saat ini. Namun, kalau di tengah jalan nanti tergoda dengan novel, ya nggak apa-apa juga. Toh, yang penting buku-buku yang masuk target tetap wajib dibaca dan diselesaikan.

daftar-baca-februari

4. Melanjutkan Misi 17 di 2017

Yup, rencana 17 di 2017 terus dilanjutkan. Yang sudah dimulai dari Januari adalah olahraga seminggu sekali, mengonsumsi makanan sehat, dan menonton film, wkwkwk. Untuk bulan ini, saya berencana melaksanakan rencana no 3 yaitu daftar komunitas Blogger Perempuan. Sampai saat ini saya belum daftar karena masih kurang PD dan belum menyempatkan waktu, hehehe. Mudah-mudahan saya nggak lama-lama galaunya dan berhasil melaksanakan rencana ini.

5. Menyelesaikan Blogging Challenge

Iya, dong! Bulan ini pokoknya mesti sampai garis finish blogging challenge-nya. Jangan sampai diulur-ulur lagi dan ujungnya malas namatin, hehehe.

Menurut saya, kelima rencana ini nggak terlalu ‘heboh’, jadi saya cukup optimis bisa meraihnya. Good luck for me!

Kalau kamu, apa rencanamu di bulan Februari?

*Postingan ini untuk blogging challenge ‘5 Current Goals’*

2 thoughts on “Program Decluttering dan 4 Rencana Lainnya di Februari

Leave a Reply

