Tentang 5 Seconds of Summer dan 5 Lagu Mereka

people.com.jpg

people.com

Jadi ceritanya, aku lagi sukaaaaaaa banget sama 5 Seconds of Summer. Band asal Aussie yang terdiri dari Luke Hemmings, Calum Hood, Michael Clifford, dan Ahston Irwin.

Awal mula sukanya sih sebenernya dari The Vamps. Waktu aku lagi gerilya di Youtube cari lagu-lagunya The Vamps, sering banget tuh muncul di rekomendasi video klipnya 5 SOS. Karena begitu seringnya, aku jadi penasaran, dan aku buka salah satunya, yaitu Amnesia.

Kesanku waktu pertama kali denger lagu Amnesia adalah, “Eh, kok beda ya dengan The Vamps? Kok malah serasa denger lagunya Boys Like Girls yang Be Your Everything? (walaupun aku juga nggak tahu kenapa yang aku inget lagu itu).”

Di sini aku nggak akan bilang kalau 5 SOS itu lebih keren dari The Vamps atau apa. Menurutku dua-duanya sama oke, yang beda cuma aliran musiknya aja kok (padahal aku juga nggak ngerti-ngerti amat sama aliran musik, huehehe).

Intinya, dari denger lagu Amnesia, aku jadi penasaran dengan lagu-lagu 5SOS lainnya. Aku pun kembali gerilya di Youtube (huehehehe). Akhirnya aku menemukan beberapa lagu 5 SOS yang paling aku suka banget. Mereka adalah:

1. Heartbreak Girl (2014)

5 sos - heartbreak girl.jpg

youtube.com

Walaupun yang pertama kali aku denger adalah Amnesia, tapi lagu yang pertama kali nempel di otak aku adalah Heartbreak Girl. Lagu ini bercerita tentang cowok yang diam-diam suka dengan teman ceweknya. Tapi ceweknya malah patah hati mulu sama cowok lain.

Kenapa lagu ini yang pertama kali nempel? Karena ini lagu aku banget! Hahahahaha… suka sama orang yang suka sama orang lain. Lebih parahnya, orang itu curhat ke aku tentang perasaan dia yang patah hati karena orang yang dia suka ninggalin dia. Nah lho! Hahahaha..

Walaupun itu semua sekarang udah berlalu, tapi tetep aja masih terngiang-ngiang ya….

I dedicate this song to you,
The one who never sees the truth,
That I can take away your hurt, heartbreak girl.
Hold you tight straight through the day light,
I’m right here. When you gonna realize
That I’m your cure, heartbreak girl?

Kalau buat aku, tinggal diganti aja ya katanya, jadi heartbreak boy 🙂

2. Jet Black Heart (2015)

5 sos - jet black heart (favim).jpg

favim.com

Aku suka dengan Jet Black Heart karena makna liriknya yang dalam. Aku kurang tahu sih, Jet Black Heart kalau diterjemahin jadinya apa. Tapi kalau yang aku tangkep dari lagu ini adalah setiap orang punya kekurangan, punya sisi gelap, punya rasa sakit, tapi tetep berusaha untuk berjuang. Aku juga suka dengan video klipnya. Konsepnya sedikit mengingatkanku dengan klipnya The Rain – Terlatih Patah Hati.

‘Cause I’ve got a jet black heart
And there’s a hurricane underneath it
Trying to keep us apart
I write with a poison pen
But these chemicals moving between us
Are the reason to start again

3. Amnesia (2014)

5 sos - amnesia (directlyric).jpg

directlyrics.com

Nah, ini lagu pertama yang aku denger dari 5SOS. Lagu Amnesia bercerita tentang seseorang yang ditinggalkan/putus dengan kekasihnya, dan dia berharap saat terbangun nanti, dia amnesia dan melupakan kenangan indah tentang mantannya. Hiks, sedih ya…

Kenapa aku suka? Yah, dulu aku pernah berharap kena amnesia sebagian sih (emang bisa?). Jadi nggak lupa sama semua hal, tapi lupa sama segala sesuatu yang berhubungan dengan ‘dia’ aja. Hahahaha…

I remember the day you told me you were leaving
I remember the make-up running down your face
And the dreams you left behind you didn’t need them
Like every single wish we ever made
I wish that I could wake up with amnesia
And forget about the stupid little things
Like the way it felt to fall asleep next to you
And the memories I never can escape
Cause I’m not fine at all

4. Don’t Stop (2014)

5 sos - don't stop (vevo).jpg

vevo.com

Kalau dari liriknya sih sebenernya biasa aja ya. Aku lebih suka dengan video klipnya, ala-ala superhero gitu. Seolah ingin menyampaikan untuk jangan berhenti melakukan kebaikan yang kamu lakukan walaupun itu kesannya remeh atau kecil. Ya, itu interpretasi aku pribadi sih, hehehe… (soalnya cerita di liriknya nggak begitu)

Don’t stop doing what you’re doing
‘Cause every time you move to the beat it gets harder for me
And you know it, know it, know it
Don’t stop, ’cause you know that I like it
Every time you walk in the room you got all eyes on you
And you know it, know it, know it, know it

5. She’s Kinda Hot (2015)

5 sos - she's kinda hot (vevo)

vevo.com

Nah, lagu ini nih, aku agak bingung ngejelasinnya gimana. Tapi kalau dari refrain-nya sih lagu ini ingin menyampaikan tentang orang-orang yang dianggap rendah atau pecundang, tapi sebenernya mereka baik-baik aja, dan punya tujuan yang nggak dimengerti orang lain. Dan aku sukaaaaa banget dengan lirik lagu ini. Lagu ini seolah ingin bilang kalau jangan suka nganggep rendah orang, karena siapa tahu orang itu malah jauh lebih keren dari kita nantinya.

Video klipnya seru dan lucu, musiknya keren banget, dan aku suka pas Ashton bilang “Just an itty bitty little bit hot!”

They say we’re losers and we’re alright with that
We are the leaders of the not-coming-back’s
But we’re alright though
Yeah, we’re alright though
We are the kings and the queens of the new broken scene
Yeah, we’re alright though

Sebenernya sih masih banyak lagu yang aku suka. Itu juga aku belum denger semua lagu mereka. Tapi biar pas sama nama band-nya, jadi aku masukin lima aja, hehehehe…
Yang lainnya? Aku juga suka dengan lagu Hey Everybody, She Looks So Perfect, Wherever You Are, Try Hard, Out of My Limit, Lost Boy, Close as Strangers, Long Way Home, dan bisa lebih banyak lagi lagu yang aku suka.

Apa yang bikin aku suka sama mereka?

Sebenernya band atau penyanyi siapapun yang aku sukai, pasti awal mulanya adalah karena suka dengan suara mereka. Dan kalau ditanya jenis suara apa yang aku suka, agak susah juga ngejelasinnya ya. Yang pasti, saat aku denger 5 SOS, aku ngerasa suara mereka masuk ke dalam daftar suara yang aku sukai.

Selain itu, tentu saja lirik. Kenapa lima lagu itu yang aku masukin Most Favorite adalah karena liriknya. Semakin lirik itu menggambarkan perasaan atau keinginan aku, semakin aku suka dengan lagunya, hehehe…

Kadang aku ngerasa aneh sendiri sih, atau lebih tepatnya, ngerasa ketuaan untuk suka sama mereka, hahahaha… Iya, abis umur mereka masih pada unyu-unyu sih. Terlebih lagi, biasanya aku suka dengan penyanyi atau band yang usia personelnya jauh lebih tua dari aku (contohnya a1!).

Nah, seperti biasa, kalau suka dengan band, pasti ada salah satu personel yang paling aku suka dibanding yang lainnya. Kalau di a1 aku paling suka dengan Christian Ingebrigtsen, di 5 SOS aku paling suka dengan………………. Ashton Irwin! Yeay!

rollingstone.com

rollingstones.com (Ashton yang paling kiri ya, lengan kotak-kotak hitam putih 😉 )

Aku juga nggak tahu sih, kenapa aku suka sama Ashton. Entah karena dia yang paling tua di antara personel lainnya, atau karena dia keren banget karena drummer, atau karena aku ngerasa dia yang paling manis di antara tiga yang lainnya. Tapi kalau dari segi suara, menurutku suara Calum sih yang paling bagus.

Oke, udahan dulu curhat nggak penting tentang 5 SOS-nya. Btw, mereka bakal manggung di Jakarta tanggal 5 Maret nanti. Ah, seandainya aku bisa dateng….

2 thoughts on “Tentang 5 Seconds of Summer dan 5 Lagu Mereka

Leave a Reply

